Pentingnya Pembelajaran Komputer di Usia Dini
Disusun oleh :
Ika Zulviana
1123313014
PG PAUD Konversi 2012
Sebagaimana
yang kita ketahui perkembangan teknologi itu memang semakin berkembang pesat, seluruh
pekerjaan dapat terselesaikan dengan mudah dengan teknologi yang semakin canggih.
Contohnya dengan adanya komputer, komputer sangat diperlukan untuk menyelesaikan
pekerjaan. Dan komputer juga dapat membantu siswa dalam menyelesaikan tugasnya.
Oleh karena perkembangan teknologi saat ini semakin canggih maka siswa perlu
mengetahui bagaimana cara pemakaian komputer. Karena dengan adanya komputer dan
jaringan internet dapat memudahkan anak dalam belajar dan memahami pelajaran
sebab anak dapat mengakses materi pelajaran yang menarik didalamnya.
Menurut
analisa Dr. Glenn Doman dimana dalam bukunya yang berjudul How to Multiply Your
Child’s Intelligence menyatakan bahwa : ‘Semua bayi dalam perkembangan berikutnya
akan ditentukan pada usia enam tahun pertama dari hidupnya.” Dalam
penelitiannya, Doman menemukan bahwa sebagian besar anak belajar diantara usia
1 sampai 6 tahun dengan menyerap segala sesuatu yang diajarkan kepada mereka.
Pengajaran yang diperoleh anak pada usia ini akan menentukan nilai-nilai atau
keterampilan yang akan mereka miliki di masa mendatang.
Berdasarkan
atas penemuan di atas, bahwa penting bagi kita sebagai calon guru untuk memperkenalkan anak-anak kepada
komputer ketika mereka masih dini.
Sesuai
fakta bahwa masa AUD merupakan masa yang tepat untuk mendapatkan banyak masukan
dan stimulus positif yang dapat membangkitkan kemampuan dan keahlian yang pada
akhirnya berguna bagi masa depan. Untuk itu pengenalan komputer pada usia dini saat ini sudah
diperlukan selain karena melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih
agar anak tidak tertinggal dalam perkembangan teknologi itu, juga pengenalan
komputer sangat baik untuk anak karena pembelajaran dengan media komputer akan
melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang
muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak
mengetahui lebih jauh lagi. Oleh sebab
itu, pengenalan komputer pada usia dini sangat diperlukan.
Namun pengenalan komputer yang diberikan kepada anak
usia dini sifatnya hanyalah sebagai pengenalan dan hiburan saja, karena pada
masa AUD prinsip pembelajaran adalah bermain sambil belajar. Jika pelajaran
komputer dijadikan pelajaran yang serius tentu mereka akan terbebani, karena
mereka masih harus fokus pada pelajaran membaca dan berhitung.
Menurut
Catherine dan Glenn de Padua, penulis Teaching Children Computer
Literacy, banyak peneliti menyarankan usia 3 - 4 tahun sebagai usia terbaik
untuk memulai pelajaran komputer pada anak. Di usia ini, anak sudah menguasai
keterampilan hidup dasar, seperti berjalan dan berbicara. Karena itulah ia
sudah siap mengeksplorasi komputer dan melakukan aktivitas coba-coba secara
langsung.
Namun,
mengenalkan komputer pada anak, amat tergantung pada kesiapan orangtua dan guru
dalam mengenalkan dan mengawasi anak saat bermain komputer. Karenanya, kepada
semua orangtua, perlu diingatkan peran penting mereka dalam pemanfaatan
komputer bagi anak. Berikan kesempatan pada anak untuk belajar dan berinteraksi
dengan komputer sejak dini. Apalagi mengingat penggunaan komputer adalah
sesuatu yang tidak bisa kita hindari pada saat ini dan masa yang akan datang.
Banyak
manfaat yang dapat diperoleh anak dalam pembelajaran melalui media komputer
yaitu :
a. Dengan
pembelajaran melalui media komputer di Taman Kanak-kanak akan mempermudah
anak dalam mengenal dan belajar mengenai huruf, angka, warna, bentuk geometri
dan sebagainya
b. Pembelajaran
melalui komputer yang diterapkan pada anak usia dini tentunya dapat menstimulasi
kecerdasan mereka, misalnya kecerdasan kognitif mengenai pemahaman konsep
bilangan maupun kecerdasan bahasa dan mengasah kemampuan untuk berpikir kritis.
c. Pembelajaran
melalui komputer bagi anak dapat menstimulasi koordinasi mata dengan ketepatan
gerak tangan dengan belajar menggunakan mouse. Secara tidak langsung
pembelajaran melalui komputer juga membantu perkembangan motorik halus.
d. Sebagai
media belajar, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, dan
menumbuhkan minat belajar mandiri bagi anak. Tetapi interaksi komputer dengan
anak belum dapat menggantikan interaksi orang tua atau guru dengan anak.
e. Meningkatkan
keterampilan belajar. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang menggunakan
komputer memiliki performa akademis yang lebih baik.
f. Menstimulasi
kreativitas dan imajinasi. Pemrograman komputer, meskipun sederhana akan terasa
menantang bagi anak. Anak belajar mengidentifikasi masalah, menganalisa
pilihan, dan memilih solusi terbaik. Batasan anak dalam membuat program
hanyalah imajinasinya sendiri.
g. Meningkatkan
perkembangan kepribadian. Program komputer memungkinkan anak melakukan
kesalahan, memperbaiki, dan mencoba lagi tanpa takut dimarahi. Anak jadi
terbiasa berani mengambil risiko, memiliki sifat yang lebih independen, dan
lebih percaya diri.
Komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak. Namun juga dapat membuat dampak yang negatif, yaitu bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan,
Contohnya
saja jika anak mengalami kecanduan game komputer. Kecanduan bermain komputer
dapat memicu anak menjadi malas menulis, menggambar ataupun melakukan aktivitas
sosial. Kecanduan bermain komputer dapat terjadi karena sejak awal orang tua
tidak membuat aturan terlebih dahulu. Jadi sebelum
memperkenalkan anak dengan komputer dan
internet, kita harus memastikan bahwa kebiasaan berkomunikasi secara langsung
di keluarga harus berjalan dengan baik. Dan orang tua perlu membuat kesepakatan
dengan anak soal waktu bermain. Misalnya, memberikan waktu bermain pada hari
libur.
Selain
itu juga banyak hal yang dapat merugikan
apabila dalam pengaplikasikannya tidak diiringi dengan bimbingan dan nilai
moral yang baik, diantaranya adalah :
a. Melalui
computer anak dapat meniru hal-hal yang kurang baik, karena tidak adanya
penyaringan untuk anak.
b. Melalui
komputer akan dapat merusak system kerja otak karena sinar katoda yang di
terima oleh otak .
c. Melalui
komputer ini juga akan mengurangi gerak anak karena hanya terfokus duduk di
depan komputer.
d. Dari
segi sosialisasi anak akan sulit berkomunikasi karena anak terbiasa berinteraksi
dengan komputer.
Salah
satu cara mengenalkan komputer kepada anak-anak taman kanak-kanak adalah dengan
memasang sebuah aplikasi game/permainan yang disukai oleh anak-anak pada usia
tersebut, dan juga sekarang sudah banyak aplikasi CD Interaktif untuk
anak-anak. Banyak bermacam-macam jenis game yang dapat kita temukan yaitu
game-game dengan unsur hiburan yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin
suka. Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana
yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat
anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi.
Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar
berkonsentrasi. Namun tidak semua game yang ada dapat menunjang perkembangan
anak. Game yang berbau pendidikanlah yang sebaiknya kita berikan kepada
anak-anak pada usia dini tersebut, karena disamping mereka bermain, meraka juga
dapat belajar komputer.
Selain
itu, pembelajaran komputer juga bisa dibuat degan tema yang dibahas di taman
kanak-kanak selama 1 tahun, sehingga pembelajaran komputer dapat diterapkan
untuk menunjang keberhasilan pendidikan anak dan membantu anak mengembangkan
semua aspek perkembangannya. Melalui media komputer, anak belajar dengan
bertindak dan mendapat banyak informasi secara integral sehingga anak mampu
mendeskripsikan pengetahuan yang diperolehnya baik melalui visual( menggambar)
maupun auditorium (bercerita).
Jadi
menurut saya pembelajaran komputer pada AUD sudah diperlukan saat sekarang ini
agar anak juga dapat menjadi generasi yang tidak tertinggal dengan kemajuan
zaman, agar anak dapat menghadapi dunia untuk kedepanya, yang semakin
berkembang, dan agar anak dapat menjadi seorang yang ilmiah dengan menemukan
teknologi-teknologi yang baru, namun hal ini dapat terwujud apabila seluruh
agen pendidik memahami akan teknologi dan kebutuhan serta perkembangan anak itu
sendiri. Dan orang tua hendaknya memahami sejauh mana anak dikenalkan dengan
komputer dan bagimanpula dengan pemahaman orang tua tentang komputer itu sendiri,
begitu juga dengan guru dan masyarakat, bagaimana anak akan bisa memahami
komputer apabila gurunya tidak mampu dalam mengaplikasikanya, dan agar komputer
itu benar-benar menjadi media yang bermanfaat bagi anak masyarakat juga harus
memahami hal-hal apa saja yang perlu dan yang tidak perlu diketahui anak.
Dan
apabila kita melihat dari segi kemampuan ekonomi baik sekolah maupun masyarakat,
masih banyak masyarakat yang menganggap komputer adalah barag mewah yang sulit
untuk mendapatkanya, begitu juga dengan sekolah-sekolah yang kekurangan biaya
dalam melengkapi fasilitas pendidikan, dan kemampuan anak untuk mengolah
komputer itu seperti anak-anak yang ada di pedusunan.
Untuk
anak usia dini yang ada dipedusunan dapat juga belajar komputer jika guru atau
pihak sekolah dapat mengusahakan kepada pemerintah daerah atau kepada pihak
yayasan untuk mendapatkan komputer. Namun, pada saat sekarang ini sudah banyak
warung internet dipedesaan, untuk masyarakat yang memerlukan. Dengan semakin
berkembangnya teknologi seperti saat sekarang ini menurut saya sudah mudah
untuk mendapatkan komputer tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar