Fanny Octivasari
1122113003
PG.PAUD
MASALAH
PENYUSUNAN OUTLINE STRUKTUR DOKUMEN SEHINNGA BISA DAFTAR ISI OTOMATIS
Oleh
:
Fanny
Octivasari
1122113003
PG-PAUD
reg.A/2012
Mata
kuliah : Komputer Anak Usia Dini
Dosen
Pembimbing : Drs. Dwi Budiwiwaramulja,M.sn
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI MEDAN
PENDAHULUAN
Pembuatan
laporan ilmiah maupun laporan kegiatan merupakan hal yang biasa bagi mahasiswa
ataupun para professional di bidangnya masing-masing. Untuk membuat dan
menyajikan laporan yang baik, selain memperhatikan konten dari laporan, juga
perlu memperhatikan struktur atau tampilannya. Misalnya, setiap laporan secara
umum akan berisi halaman depan (cover), kata pengantar, daftar isi, daftar
gambar, daftar tabel, dan isi laporan, serta daftar pustaka. Konten dalam isi
laporan harus mencerminkan sesuatu yang kita laporkan dengan struktur yang
baik. Daftar isi, daftar gambar dan daftar tabel perlu dibuat dengan benar
untuk membantu pembaca menuju suatu halaman dengan mudah berdasarkan daftar
tersebut.
Dalam membuat daftar isi, gambar maupun
tabel seringkali dilakukan secara manual. Sehingga bentuknya terkadang terlihat
kurang rapi. Pembuat laporan harus bersusah payah untuk melihat pada halaman
berapa suatu judul bab atau sub bab berada. Waktu yang diperlukan dalam
pembuatan daftar isi, gambar dan tabel secara manual tersebut otomatis menjadi
lama, apalagi laporannya tebal. Padahal kalau kita jeli, beberapa perangkat
lunak banyak yang menyediakan fasilitas untuk pembuatan daftar isi secara
otomatis. Dalam artikel ini, penulis akan menunjukkan langkah-langkah membuat
daftar isi dari suatu laporan secara otomatis dalam Microsoft word 2007.
Langkah-langkah pembuatan daftar isi otomatis dalam Microsoft word
2007:
1. Buka dokumen yang akan
dibuatkan daftar isinya. Gambar 1 menunjukkan hasil pembuatan daftar isi yang
dibuat secara otomatis.
Gambar
1. Tampilan Daftar Isi yang diinginkan
2. Pastikan bahwa
setiap halaman telah diberi nomor halaman.
3. Tentukan bagian
apa saja yang akan dimasukkan ke daftar isi, misalnya : Kata Pengantar, Daftar
Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel, Judul Bab, Judul Sub Bab.
4. Satu-persatu lakukan hal
berikut:
a. Blok bagian yang akan
dimasukkan ke daftar isi. Kemudian pilih tab Home dan klik Style
Heading 1 seperti yang terlihat pada Gambar 2. Anda dapat membuat atau
memodifikasi format style sesuai dengan yang diinginkan. Lakukan hal ini untuk
tulisan Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel dan Judul Bab
Gambar 2. Pemberian Style Heading
1 pada Kata Pengantar atau Judul Bab
b. Untuk
Judul Sub Bab, pilih Style Heading 2 seperti Gambar 3 berikut. Lakukan hal
berikut pada semua sub bab.
c. Kemudian klik halaman Daftar
Isi.
d.
Selanjutnya pilih tab References kemudian pilih toolbar Table of
Contents yang ada di bagian kiri atas dan pilih Insert Table of Content…
seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3 di bawah ini. Maka akan muncul dialog
seperti pada Gambar 4.
Gambar 3. Memilih Insert Table of
Contents
Gambar 4. Dialog Insert Table of
Contents
e. Selanjutnya tekan Tombol Options…
untuk merubah style apa saja yang akan dimasukkan daftar isi. Jika yang
akan dimasukkan ke daftar isi hanya style Heading 1 dan Heading 2, maka
tuliskan angka 1 pada Heading 1 dan angka 2 pada Heading 2 seperti Gambar 5.
Gambar 5. Pemilihan style dan
format level pada Daftar Isi
f. Selanjutnya tekan tombol OK.
Pilih format Formal untuk member kesan formal pada Daftar Isi.
Gambar 6. Format Daftar Isi
g. Selanjutnya tekan
tombol OK, maka akan muncul daftar isi yang telah jadi seperti Gambar 1 diatas.
h. Jika anda melakukan perubahan
terhadap isi dokumen, seringkali akan menyebabkan perubahan pada daftar isi.
Untuk melakukan perubahan otomatis, klik kanan pada isian daftar isi.
Selanjutnya pilih Update Field dan pilih Update entire table seperti
pada Gambar 7.
Gambar7. Melakukan pemutakhiran
pada Daftar Isi
DAFTAR PUSTAKA
Artikel
Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar